Selasa, 05 April 2011

Indonesia Vs PLTN...??

Pemerinta berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir untuk mencukupi kebutuhan listrik nasional, tetapi hal ini masih menua pro dan kontra di masarakat. berikut ini sebuah kutiban yang sudah di terjemahkan dari  Jepang Times Online KESAWAN artikel "Disaster analysis you may not hear elsewhere"

 Hisako Sakiyama, seorang peneliti mantan dengan Institut Nasional Ilmu Radiologi yang juga berbicara pada konferensi pers, mengatakan bahwa meskipun jika mereka menjadi mungkin untuk membuat reaktor nuklir benar-benar aman, masalah menyimpan bahan bakar nuklir radioaktif menghabiskan akan tetap belum terpecahkan. "Kita harus menjaga bahan bakar yang aman bagi lebih dari 100.000 tahun. Manusia tidak memiliki teknologi untuk melakukannya, "kata Sakiyama. "Bahkan jika reaktor aman sehingga disebut bisa dibuat, saya percaya sekarang bahwa ini adalah waktu untuk menghentikan pembangkit listrik nuklir." 

 Jadi, bagai mana menurut anda? keputusan ada di tangan anda untuk menolak atau mendukung pembangunan PLTN di indonesia.

2 komentar:

Salam kenal Pak Andi,

“Kita harus menjaga bahan bakar yang aman bagi lebih dari 100.000 tahun”
Dalam ilmu dan teknologi nuklir tidak dikenal istilah limbah bahan bakar nuklir, namun dikenal dengan istilah bahan bakar nuklir bekas atau SPENT FUEL. Kenapa? Karena bahan bakar nuklir bekas masih mempunyai potensi untuk dilakukan daur ulang.
Dalam reaksi nuklir yang terjadi dalam suatu reactor nuklir, Uranium yang ada dalam bahan bakar nuklir akan menjadi produk fisi dan Plutonium.
Plutonium merupakan bahan nuklir yang bias digunakan sebagai bahan utama untuk nuclear weapon, disamping itu, saat ini telah dikembangkan PLTN dengan menggunakan bahan bakar plutonium.
Sementara itu, hasil produk fisi yang mempunyai umur panjang (100.000 tahun) dapat diolah dengan menggunakan metode transmutasi inti untuk mendapatkan inti baru dengan umur yang jauh lebih pendek.
Jadi, nuklir merupakan energy baru terbarukan yang mempunyai kemanfaatan yang sangat besar dibandingkan sumber energy yang lain.

Salam,
Akhmad Khusyairi
www.akhmadkhusyairi.wordpress.com

sebelumnya salam kenal juga mas Akhmad Khusyairi,

Terimakasi untuk masukannya mas,semoga dengan pengembangan2 yang dilakukan akan menjadikan nuklir makin ramah lingkungan dan tidak ada lagi pencemaran nuklir pada lingkungan.. :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More