Sabtu, 09 April 2011

Tips Memelihara ikan hias air asin (Part 1)

Memelihara ikan air asin sesunggunya sangat mudah, hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk benar-benak menikmati salah satu keindahan bawah laut ini. berikut ini beberapa tips untuk memelihara ikan hias air asin, supaya anda bener-benar bisa menikmati keindahannya... ;)

1. Jangan terburu-buru; Jangan terburu memasukkan ikan air asin kedalam akuarium, agar kondisi akuarium mendekati dengan lingkungan aslinya terlebih dahulu, agar kondisi akuarium mendekati dengan lingkungan aslinya seperti di laut maka air dalam akuarium harus mempunyai siklus Nitrogen, air dalam akuarium yang mempunyai siklus Nitrogen dapat menumbuhkan bakteri-bakteri endukung dalam kehidupan  alr asin. biasanya bakteri-bakteri ini akan muncul pada minggu ke 4 setalah siklus dimulai.

2. Jangan terlalu banyak; terlalu banyak ikan dalam akuarium dapat membuat ikan setres dan mudah mati. pemberian makanan juga harus banyak dan dapat membuat akuarium lebih cepat kotor, kualiras air akan dengan cepat menurun dan itu akan mempermudah ikan laut sakit dan mati. pemilihan ikan yang sesuai tema akuarium akan membuat akuarium anda lebih indah tanpa harus memasukkan banyak ikan yang berwarna-warni.

3. aklimatisasi; ikan baru yang akan di masukkan kedalam akuarium terlebih dahulu harus disesuaikan dulu suhu dengan suhu akuarium. Ambangkan ikan yang masih dalam plastiknya di akuarium sekitar 20 menit, setelah itu buka dan masukkan sedikit air akuarium ke dalam plastik ikan baru dan diamkan selama 10 menit. setelah itu baru ikan dimasukkan kedalam akaurium.

4. makan cukum 1 kali; bagi ikan laut sebaiknya tidak terlalu sering diberi makan, 1 kali sehari di rasa sudah cukup. makanan yang berlebihan akan cepat menurunkan dan mengurangi kualitas air dalam akuarium.

5. Batu Hidup; gunakan "karang hidup" sebanyak mungkin untuk menjaga kualitas air secara alami. karang hidup adalah karang yang berwarna ungu/banyak bagain batangnya berwarna ungu.

6. Tumbuhan; tanaman air juga cukup bagus untuk menjaga kesetabilan kualitas air, terutama Rumput Asam (Caulerpa Sertularioides), Rumput Jarum (Chaetomorpha) atau Anggur Hijau. tumbuhan dapat mengurangi kadar Nitrat dan membuat akuarium lebih menyenangkan bagi ikan.

7. Ganti air; jangan mengganti air akuarium secara keseluruhan, cukup 20% saja dari jumlah air dalam akuarium tiap 2 minggu sekali.

8. Ph & Kadar garam; kita bisa mengetahui Ph air dengan mengunakan alat tesnya yang banyak di jual di toko-koto. kalau Ph air terlalu renda kita bisa gunakan obat Kalkwasser. dan untuk melihat kadar garam bisa mengunakan Hydrometer.

9. Protein Skimmer; alat ini yang paling signifikan dalam menjaga kualitas air laut. Semua akuarium laut, baik di toko ikan hias maupun di Seaworld semua memakai Protein Skimmer.

10. Udang pelet; Udang pelet sangat bermanfaat karena senang memakan bakteri Whitespot (bintik putih) yang sering muncul pada tubuh ikan.

11. Suhuh; Suhu yang baik untuk ikan adalah 28 drajat Celcius dan untuk koral 20 drajat celcius

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More