Rabu, 06 April 2011

Spesies Baru Ikan Pari

Baru-baru ini para ilmuan biologi menemukan dua spesies baru ikan pari. Spesies baru ikan pari ini ditamukan di perairan airtawar Amazon. para ilmuan menyebut ikan ini secara tidak formal dengan sebutan pari panekuk karena penampilannya yang mirip panekuk berukuran raksasa.

Secara resmi kedua spesies baru ikan pari ini diberi nama Heliotrygon gomesi dan Helootrygon rosai, di karenakan ukurannya yang besar. spesies baru ikan pari Heliotrygon gomesi di temukan oleh para ilmuan di daerah hutan hujan tropis dekat Iquitos. Selain bentuk tubuhnya yang mirip panekuk dan ukuran yang cukup besar spesies baru ikan pari ini juga memiliki celah pada bagian perutnya, dan duri pada ekornya.

Spesies baru ikan pari ini masih berFamili dengan ikan pari air tawar yang berada di wilayah tropis yang disebut New World, dan dikenal berukuran cukup besar. ikan-ikan seperti ini bisa mencapai diameter 1.5 meter saat dewasa.
Penemuan ini dipubliskan pertama kali oleh jurnal Zootaxa edisi 24 Februari 2011. Nathan Lovejoy dari Universitas Toronto mengatakan, "Hal terpenting yang diberitahukan penelitian ini adalah masih adanya ikan-ikan besar lain di Amazon yang belum ditemukan dan dideskripsikan."

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More