Sabtu, 23 April 2011

Rute Pendakian Gunung Panderman

Pendakian Gunung Panderman hingga kepuncak merupaka tantangan tersendiri untuk para pendaki. para pendaki biasanya melalui beberapa rute pendakian gunung Panderman. kalau dari kota malang atau kediri, bisa naik bis Puspa indah dan turun diterminal Batu, atau langsung turun diperempatan desa Pesanggrahan, kota Batu.

Dari desa Pesanggrahan, pendaki berjalan kaki  sejahu 2 Km dijalan berspal hingga dusunToyometro, jalan ini memiliki kemiringan sekitar 50 derajad, ini merupaka tantangan pertama dari para pendaki, setalah melewati ini maka para pendaki akan sampai di Pos pertma pendakian di dusun Tritomulyo.

Di dusun Toyomerto kita mendapatkan sebuah gubuk (pos pertama) yang dibangun oleh masyarakat dan petugas Perhutani Oro-oro Ombo. Selanjutnya satu kilometer diatas pos pertama juga terdapat gubuk tua yang bisa digunakan untuk istirahat, dimana pendaki bisa mengisi botol air minumnya dengan air pegunungan yang mengalir disela-sela pohon pinus dan semak belukar, selanjutnya perjalanan dilanjutkan, pendaki akan menemukan lokasi diatas bukit tapi datar atau yang biasa disebut Latar Ombo .
Di Latar Ombo inilah pendaki bisa menikmati keindahan alam sekitar, pendaki juga bisa mendirikan tenda serta memasak makanan yang dibawa untuk mengisi perut setelah menempuh perjalanan  sekitar 2 - 3 jam.

Perjalanan dilanjutkan  dari Latar Ombo menuju puncak Panderman bisa ditempuh dengan waktu sekitar satu jam, dan juga di Latar Ombo ini didapati  jalan persimpangan dimana, arah selatan menuju Cemoro Kandang, yaitu lereng Gunung Kawi Arah barat menuju lokasi ke arah air terjun  Coban Rondo yang berada di Kecamatan Pujon. Arah timur, menuju  puncak gunung Panderman  yang memiliki tinggi 2000 meter  diatas permukaan laut.

Dari persimpangan kita ke arah timur,  jalan yang dilalui dalam  pendakian  terjal, tetapi jarak tempuhnya tidak lama, pendaki harus berhati-hati dalam melangkahkan kakinya agar tidak terpeleset ke dalam jurang. Semua kerja keras itu akan terbaya sesampainya diatas puncak Panderman, pemandangan indah pegunungan dan hawa sejuk akan menyambut kita diatas. Selamat mendaki jangan lupa ber Do'a demi keselamatan... :)

1 komentar:

apakah bisa berkendara sampai toyomerto? lalu penitipan kendaraan yg aman dimana?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More