Minggu, 22 Mei 2011

Resiko Bencana Penambangan Pasir Besi

Resiko Bencana Penambangan Pasir Besi - Resiko Bencana Penambangan Pasir Besi akan semaikin meningkat, dikarenakan  Proyak penambangan pasir besi di wilayah pesisir yogyakarta direncanakan akan di teruskan oleh pemarinta setempat. atas rencana ini beberapa organisasi pecinta lingkungan pun merespon negatif. seperti yang dikatakan oleh direktur Walhi. "lokasi rencana penambangan pasir besi di pantai selatan Kulonprogo tersebut sebenarnya termasuk zona rawan bencana alam,seperti tsunami dan banjir".


Oleh karena itu seandainya penambangan pasir basi tetap dilakukan maka resiko bancana akan semakin tinggi. dan akan mengancam penduduk sekitar pesisir yogyakarta.

Dalam data Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) DIY, daerah pesisir tersebut masuk dalam kawasan rawan bencana. dan seharusnya kawasan rawan bencana dilarang untuk kegiatan penambangan. karena selain berpotensi merusak lingkungan juga dapat meningkatkan resiko baencana alam untuk terjadi. Selain itu, dengan penambangan pasir besi maka potensi instrusi atau perembesan air laut ke dalam lapisan tanah juga semakin besar. Dampak dari instrusi ini adalah lahan pertanian menjadi tidak subur karena mengandung air laut yang asin. “Instrusi air laut semakin meningkat,lahan pertanian menjadi tidak subur karena asin. dikarenakan masalah ini Walhi berencana akan mengajukan gugatan terhadap bupati setempat atas nama Pemkab Kulonprogo ke Polda DIY jika proyek tersebut tetap dijalankan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More