Senin, 23 Mei 2011

Cara Memelihara Kura-kura

Cara Memelihara Kura-kura - Kura-kura telah menjadi tren hewan peliharaan akhir-akhir ini, kura banyak dipilih karena cara memelihara kura-kura relatif muda dan tidak perlu perawatan khusus seperti hewan peliharaan yang lain. selain karena cara memelihara kura-kura yang cukup muda, alasan para pecinta hewan peliharaan memilih kura-kura sebagai hewan peliharaan adalah karena keunikan dari hewan ini. yaitu corak dan bentuk tempurung dari hewan ini. selain itu hewan ber-tempurung ini juga dianggap unik karena terlihat sangat lambat jika di darat tapi bisa sangat gesit jika sudah masuk kedalam air.

Cara Memelihara Kura-kura

untuk sekarang uni kura-kura yang palin populer adalah jenis kura-kura yang berasal dari brazil. kura-kura ini berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan banyak tempat dalam memeliharanya. berikut ini adalah cara memelihara kura-kura, yang wajib di perhatikan.


  • Sediakan akuarium dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran kura-kura. Semakin besar atau luas sebuah akuarium, tentu akan semakin baik bagi perkembangan kura-kura.
  • Anda bisa menambahkan batu-batu koral atau batu biasa yang tumpul sebagai tempat berpijak kura-kura. Selain batu, Anda bisa memberi dekorasi tertentu, misalnya rumput laut atau hiasan lain, asalkan tidak terlalu mengganggu kura-kura.
  • Isilah akuarium dengan air tapi jangan sampai terlalu tinggi. Tinggi air di akuarium sekitar ¾ tinggi kura-kura (sebatas leher).
  • Kura-kura lebih banyak menghabiskan waktu di akuarium. Mereka makan sekaligus membuang kotoran di dalam air. Cara memelihara kura-kura yang cukup penting adalah menjaga kebersihan akuarium. Anda harus rutin membersihkan akuarium sekaligus mengganti airnya minimal 2 hari sekali (dianjurkan mengganti air setiap hari). Bila Anda kerepotan untuk selalu mengganti air akuarium, Anda juga bisa memakai filter agar akuarium tidak kekurangan air bersih. Namun, kebersihan filter tetap harus diperhatikan.
  • Untuk suhu air, Anda bisa menggunakan heater akuarium yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Suhu air yang bagus bagi kura-kura berkisar antara 20-28 derajat celcius. Suhu yang hangat akan sangat berpengaruh pada kesehatan kura-kura dan tentu akan meningkatkan perkembangan hewan melata tersebut.
  • Cara memelihara kura-kura yang lain terletak pada pemberian makanan. Kura-kura adalah jenis hewan dengan nafsu makan yang tinggi. Perhatikan porsi makanan kura-kura agar hewan peliharaan Anda tetap sehat. Tak hanya porsi makanan, waktu pemberian makanan pun harus Anda perhatikan. Sebaiknya beri makanan setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Bila kura-kura peliharaan Anda masih kecil atau masih dalam tahap pertumbuhan, sebaiknya diberi makan dengan porsi yang sedikit tapi diberikan setiap hari.
  • Dalam hal makanan, kura-kura sebenarnya bisa makan apa saja. Berilah sayur atau buah-buahan pada kura-kura peliharaan Anda. Juga bisa memberinya pelet khusus kura-kura agar hewan tersebut tidak bosan. Selain pelet, sayuran, dan buah, kura-kura juga suka hewan-hewan kecil yang lunak. Beri potongan ikan, cacing tanah, atau keong sebagai variasi makanannya.
  • Selain memberi makanan secara teratur, berilah suplemen atau vitamin khusus kura-kura. Ini adalah salah satu cara memelihara kura-kura yang cukup penting agar hewan peliharaan Anda bisa selalu sehat dan tidak mudah sakit.
  • Tempurung kura-kura akan berlumut karena selalu bersentuhan dengan air. Karena itu Anda dianjurkan untuk selalu membersihkan tempurung kura-kura dengan cara disikat dengan sikat halus (bisa pakai sikat gigi bekas).
  • Agar kura-kura tidak jenuh dan merasa bosan dalam akuarium, Anda bisa melepas kura-kura dan membiarkannya berjalan-jalan di sekitar rumah. Saat melepas kura-kura, pastikan bahwa mereka selalu dalam pengawasan Anda.
Cukup sederhana kan cara memelihara kura-kura, apa anda tertarik memelihara kura-kura...?? Selamat mencoba dan jangan lupa 

cara memelihara kura-kura di atas ya...


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More