Selasa, 03 Mei 2011

Bahan Baku Pembuat Kertas

Untuk membuat tiap ton kertas membutuhkan sekitar 4,6 meter kubik kayu. Dalam satu hekternya hutan tanaman industry dapat menghasilkan lebih kurang 160 meter kubik kayu. Jika diambil contoh sebuah industry pulp dengan kapasitas produksi 2 juta ton pulp (untuk 1 Ton pulp membutuhkan 4,6 meter kubik kayu), pertahun akan membutuhkan kayu acacia yang berasal dari hutan seluas 58 ribu hektar. Sedangkan acacia sendiri memiliki daur tumbuh selama 6 tahun sehingga sebuah industri pulp membutuhkan hutan seluas 348 ribu hektar untuk dapat terus beroperasi.

Saat ini kurang dari 70% kayu untuk industry kertas berasal dari hutan alam. Hal ini dikarenakan banyak industry pulp yang tidak menjalankan kewajibannya untuk melakukan penanaman kembali sehingga terus menerus mengkonsumsi kayu dari hutan alam. Untuk setiap hektarnya hutan alam menghasilkan kayu rata-rata sebanyak 60 meter kubik. Sedangkan Untuk industry yang sama seperti diatas bila 30 persennya diperoleh dari hutan tanaman industry yang ditanamnya maka untuk memenuhi 70 persen kebutuhannya maka industry bersangkutan akan terus menerus menebang hutan alam selus 107 ribu hektar setiap tahun. Ini artinya, setiap jam hutan selus 5 kali lapangan sepak bola di tebang untuk menghasilkan kertas. Itu baru untuk memenuhi kebutuhan satu industry pulp. Dengan tujuh industry pulp yang ada dewasa ini dengan kapasitas 5,8 juta ton setiap tahunnya, maka hutan selusa 3 lapangan bola ditebang setiap menitnya!.

Saat ini 90% bahan baku pulp di Dunia berasal dari kayu, yang mencakup angka sekitar 170 juta ton per tahun. Sebanyak 640 juta meter kubik di konsumsi setiap tahunnya, atau hamper sekitar 13% dari total kayu yang digunakan di seluruh dunia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tanpa harus menebang hutan alam, maka dibutuhkan selama 10 juta hektar hutan tanaman yang harus ditanami setiap tahunnya*.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More