Minggu, 20 Februari 2011

Perawatan Ikan Hias Air Tawar

Jika Anda baru memulai hobi di akuarium, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mempunyai ikan air tawar untuk pertama kali. Mereka lebih mudah dalam hal perawatan daripada ikan laut dan biasanya dapat tahan dengan kondisi air yang berbeda.

Ini bukan berarti bahwa Anda tidak perlu memberikan perhatian yang baik untuk mereka, ini hanya mempermudah Anda untuk menjaga ikannya.

Ketika menentukan jenis ikan apa yang harus di miliki, maka Anda harus mendapatkan sesuai dengan kebutuhan. Harus mendapatkan ikan yang sesuai jenis suhu dan pH air. Juga mendapatkan ikan yang sesuai dalam hal ukurannya. Jika Anda pernah melihat aquarium yang kecil dan mencari ikan kecil hilang mungkin yang lain memakannya.

Bila Anda membeli akuarium ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Beri kerikil atau sesuatu yang sama dengan kerikil pada dasar aquarium. Anda juga perlu filter dan mungkin heater, tergantung pada jenis ikan.

Setelah Anda mendapatkan ikan, Anda harus memberinya makan. Seperti binatang peliharaan lainnya, ikan akan bergantung pada Anda untuk kebutuhan dasarnya. Namun, memelihara ikan lebih mudah daripada memelihara anjing atau kucing.

Ikan air tawar hanya perlu diberi makan dua kali sehari dan hanya memberikannya dalam jumlah kecil. Makanan harus dimakan dalam waktu lima menit ketika Anda memberikannya. Lagi dan itu terlalu banyak.

Anda membahayakan ikan jika member makan terlalu banyak dan beresiko akan menyebabkan ikan keracunan. Jika Anda memasukkan terlalu banyak makanan kedalam akuarium, bersihkan lah dengan jaring.

Air akuarium harus selalu di pantau. Harus diuji sekali dalam seminggu untuk memastikan tingkat pH yang benar untuk ikan Anda. Temperatur juga secara konstan harus di awasi. Jika salah satu dari ini tidak aktif, hal ini dapat menyebabkan stress pada ikan, yang akan menempatkan mereka dalam bahaya.

Ketika akan menguras air, hanya mengganti sepertiga air akuarium setiap dua atau tiga minggu. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak akan begitu banyak mengganggu ikan dan mereka akan tetap santai di keadaannya.

Gunakan ember untuk mengeluarkan air dan ambil sesuatu yang seharusnya tidak ada di dalam aquarium. Jika anda melihat ada sampah, keluarkan segera. Periksa suhu air yang baru. Anda ingin air ini menjadi dua derajat dengan air yang berada dalam aquarium.

Bersihkan sisi akuarium dan pipa air dari lumut atau ganggang yang tumbuh. Anda harus menyikat sisi dari aquarium secara teratur untuk menghindari akuarium kotor.

Ketika membersihkan filter, periksa manual atau website produsennya sebagai rekomendasi pada saat akan menggantinya. Penyaring cenderung untuk menyedot sisa-sisa makanan dan sampah. Mereka harus dijaga seupaya tetap bersih karena jika tidak, air tidak akan disaring benar.

Jangan terlalu banyak menambahkan ikan baru ke tangki secara cepat-cepat. Biarkan ikan terbiasa satu sama lain dahulu sebelum mulai mengumpulkan seluruh komunitas di bawah ikan air tawar Anda.

Mempunyai ikan yang dapat menangani berbagai kondisi air akan jauh lebih mudah, sehingga mereka akan lebih lama hidup. Hati-hati dengan ikan air tawar Anda dan pelihara mereka dengan baik. Anda dapat memiliki beberapa tahun yang baik dengan ikan hias air tawar Anda jika Anda melakukannya hal-hal seperti diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More